Unisnu Sediakan Layanan Wifi Corner berstandar Internasional

Unisnu Sediakan Layanan Wifi Corner berstandar Internasional

Jepara- Bagian Pusat Data dan Pengemgangan IT (PDPT IT) Unisnu mengembangan program penyediaan layanan akses wifi di beberapa titik dilingkungan Unisnu. Bagian Pusat Data dan Pengemgangan IT (PDPT IT) Unisnu terus menambah fasilitas Wifi gratis di sejumlah kawasan publik Unisnu. Langkah ini dilakukan untuk mendongkrak proses pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Kepala Bagian Pusat Data dan Pengemgangan IT (PDPT IT) Unisnu Harminto Mulyo mengatakan ada 4 titik Wifi corner gratis yang dipasang di tahun 2019 ini dengan standar 802.11n yang bisa mencapai bandwidth 300 Mbps di frekuensi 2,4 GHz dan 5 Ghz. Ia mengatakan, fasilitas  Wifi Corner ini untuk mewujudkan 100% mahasiswa Unisnu Jepara agar bisa mengakses internet gratis dilingkungan kampus. Standar 802.11n sering dikenal dengan sebutan Wireless-N diciptakan untuk memperbaiki standar 802.11g dalam hal jumlah bandwidth yang didukung dengan memanfaatkan beberapa sinyal wireless dan antena (disebut dengan teknologi MIMO, Multiple in Multiple out).

Ini sudah sesuai dengan standar Internasional (IEEE) Institute of Electrical and Electronics Engineers adalah Group dari Organisasi Insinyur yang mengatur standarisasi dalam bidang teknologi informasi. IEEE meresmikan standar ini pada tahun 2009 dengan spesifikasi menyediakan bandwidth sampai 300 Mbps. Standar ini juga menawarkan jangkauan sinyal yang lebih baik dibandingkan standar wireless sebelumnya serta memiliki kompabilitas dengan perangkat yang memiliki standar 802.11b/g. Standar wireless ini beroperasi 2 frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5GHz.

Tahun sebelumnya, lanjut dia, sudah terpasang 49 titik free wifi. Semuanya ditempatkan pada ruang layanan akademik mahasiswa, seperti ruang TU, Perpustakaan, Laboratorium dan ruang dosen serta ruang kelas.

"Dengan penambahan Wifi Corner, pembelajaran berbasis IT dapat semakin maju dan berkembang di Unisnu Jepara," katanya di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Rabu (4/12/2019).

Kepala Bagian Pusat Data dan Pengemgangan IT (PDPT IT) Unisnu  juga mencatat, pengguna internet di Unisnu sudah mencapai 70% dari jumlah mahasiswa Unisnu. Bukan hanya sekadar mengakses, tapi juga memanfaatkannya untuk mencari referensi bahan belajar bahkan bisnis usaha yang sangat luar biasa.

"Jumlah telepon seluler dan Laptop, hampir menyamai banyaknya mahasiswa Unisnu Jepara," ungkap Kepala Bagian Pusat Data dan Pengemgangan IT (PDPT IT) Unisnu.

Dikatakan Harminto, selain wifi corner, program Unisnu Comunicatoin dengan satu aplikasi juga tengah dijalankan agar mencakup seluruh layanan informasi kepada mahasiswa tutur Harminto.

Bagian Pusat Data dan Pengemgangan IT (PDPT IT) Unisnu juga menggandeng beberapa penyedia layanan internet seperti Telkom dan Iconplus untuk memberikan layanan internet. Tahun ini sekitar 175 MB langganan internet di Unisnu terpasang dan dibagi kepada beberapa kanal layanan, di antaranya di Fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas sain dan teknologi, fakultas tarbiyah dan keguruan serta program pascasarjana.


Fatchur Rohman, SE, M.Pd, M.Si

Komentar