Satu Aplikasi Untuk Beragam Kemudahan

Satu Aplikasi Untuk Beragam Kemudahan

Teknologi informasi saat ini telah berkembang sangat pesat. Penerapannya dapat menjadi sangat penting dan sangat membantu bagi pekerjaan manusia. Beberapa manfaat teknologi informasi antara lain mendapatkan informasi secara cepat dan mudah, efisiensi waktu dan biaya, serta mempermudah komunikasi. Dalam bidang pusat data dan informasi, pemanfaatan teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan pusat data dan informasi agar lebih efektif dan efisien. Sebagai contoh seorang pengguna ingin mengunjungi sebuah layanan di entitas tertentu, tetapi ia belum mengetahui profil entitas tersebut. Salah satu solusi yang ditawarkan terkait dengan teknologi informasi dalam bidang pusat data dan informasi adalah dengan menggunakan aplikasi berbasis android yang diimplementasikan melalui aplikasi smartphone. Dengan aplikasi android setiap penggunanya dapat memakai layanan pusat data dan informasi yang lebih interaktif dari sekadar gulungan kertas. Kelebihan yang lain adalah pada aplikasi berbasis android mudah disimpan dan dipindahkan dari satu media penyimpanan ke media penyimpanan yang lain.

DOWNLOAD PANDUAN MyUNISNU

Evolusi mobilephone saat ini telah mencapai pada teknologi smartphone. Smartphone (telepon pintar) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi menyerupai komputer. Hal ini dikarenakan smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Smartphone merupakan komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telepon. Banyak platform dari smartphone yang berkembang saat ini, dilihat dari sistem operasi dan hardware yang digunakan. Contoh dari sistem operasi pada smartphone yaitu Symbian OS, RIM (research in motion) Blackberry, Windows Phone, iPhone OS, dan Android. Dari sekian banyak platform yang ada hanya Android merupakan platform yang Open Source.


Android memiliki banyak fitur seperti sistem operasi, Android Development Tool,  Google Play, dukungan pemasok industri seluler, bahkan dukungan dari komunitas open source. Android didukung Google Maps yang dapat digunakan untuk menampilkan dan mengatur peta lokasi secara mudah. Penerapan teknologi informasi dapat menjadi sangat penting dan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pelayanan dari segi efektif dan efisiensi. Teknologi informasi berbasis android dapat diimplementasikan melalui aplikasi mobile berbasis Android. Aplikasi ini memungkinkan setiap penggunanya dapat lebih memahami layanan suatu entutas yang interaktif dari pada sekedar layanan biasa biasa. Pada layanan informasi andrid memiliki kelebihan dari sisi ketahanan fisiknya dibandingkan layanan dokumen ahdware yang lebih cepat rusak karena layanan hadware dapat terlipat, memuai atau sobek ketika disimpan.

 

Untuk hal itu Bagian Pusat Data dan Pengembangan IT Unisnu Jepara berinisiatif merancang aplikasi android MyUnisnu untuk mengarahkan layanan pusat data dan informasi yang ada di Unisnu Jepara. Untuk mengevaluasi aplikasi android MyUnisnu Bagian Pusat Data dan Pengembangan IT Unisnu Jepara melibatkan beberapa steakholder yang ada di Unisnu Jepara.


Aplikasi android kini telah memiliki pengguna yang cukup banyak. Hal ini dapat disebabkan oleh pesatnya teknologi telekomunikasi sehingga produksi telepon pintar pun semakin marak memasuki pasar. Iklan dan aktivitas pemasaran pun secara perlahan-lahan kini beralih ke telepon pintar. Menurut data di Inggris, pada tahun 2014, iklan pada telepon pintar lebih banyak mendapatkan tayangan dari khalayak dibandingkan dengan iklan pada surat kabar dan televisi. Saat ini, khalayak cenderung untuk mendapatkan informasi melalui telepon pintar yang dimiliki dibandingkan dengan saluran informasi lainnya.

Jumlah iklan pada media digital diperkirakan akan semakin banyak dalam beberapa tahun kedepan. Telepon pintar, merupakan alat yang akan digunakan untuk menayangkan iklan tersebut. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi android bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.  


Asalkan sinyal memadai, pengguna dapat menggunakan telepon pintar untuk mengakses internet kapan saja dan dimana saja. Sebelum telepon pintar marak digunakan, khalayak hanya dapat mengakses internet melalui laptop yang terhubung dengan Wifi. Kini, khalayak dapat menggunakan aplikasi android dengan waktu yang fleksibel.