Portal Unisnu Sediakan Layanan Informasi Terpadu

Portal Unisnu Sediakan Layanan Informasi Terpadu

Jepara- Bagian Pusat Data dan Pengembangan IT Unisnu Jepara tengah mengembangan sistem informasi berbasis web untuk melayani kebutuhan steakholder tentang Unisnu melalui portal. Portal web unisnu adalah situs web yang menyediakan daftar aplikasi yang ada di Unisnu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti kebutuhan para pengunjung web Unisnu.

Portal web unisnu jepara dapat diakses melalui alamat http://portal.unisnu.ac.id/, tentunya dengan jaringan internet yang pengguna miliki. Portal Unisnu menyediakan beberapa informasi diantaranya info unisnu, siakad, siama dan lain sebagainya untuk layanan civitas unisnu jepara.

Portal Web mulai populer pada akhir tahun 1990. Setelah perkembangan perambah web (web browser) pada pertengahan tahun 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui Internet. Portal web mendapat perhatian khusus karena bagi banyak pengguna, portal web merupakan halaman awal yang dibuka oleh perambah web mereka. Netscape Netcenter telah menjadi bagian dari America Online, Walt Disney meluncurkan Go.com, dan Excite telah menjadi bagian dari AT & T di akhir 1990-an.

Banyak portal yang mengawali keberadaan mereka baik sebagai penyedia direktori Internet maupun fasilitas mesin pencari (Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan Hotbot adalah beberapa layanan yang tertua dari yang ada). Ekspansi cakupan layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal. Layanan yang membutuhkan pendaftaran seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatroom dianggap mampu mendorong kunjungan yang berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain juga bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, di mana hal tersebut akan menambah penghasilan iklan.

Portal unisnu dikembangkan sejak tahun 2018 mengawali penyediaan informasi melalui layanan informasi terpadu di Unisnu Jepara.


Fatchur Rohman, M.Pd

Komentar