Penguatan Layanan Akademik Fakultas Berbasis ICT

Penguatan Layanan Akademik Fakultas Berbasis ICT

Bagian Pusat Data dan Pengembangan Informasi Teknologi (PDPIT) Unisnu Jepara melaksanakan kegiatan workshop layanan akademik bagi kepala Tata Usaha (TU) di seluruh Fakultas di lingkungan perguruan tinggi Unisnu Jepara. Kegiatan tersebut didasari atas hasil analisis dari perkembangan pelayanan terkait dengan akademik yang diberikan oleh bagian TU kepada dosen dan mahasiswa. Pelaksanaan workshop bertempat di ruang seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unisnu Jepara pada hari Selasa, 12 Februari 2019.

Pelayanan yang dilakukan oleh TU kepada Mahasiswa dan dosen terutama terkait dengan penguatan data transaksi akademik mahasiswa dan transaksi akademik dosen. Hal ini menyikapi beberapa kebijakan dari Dikti terkait dengan pelaporan yang semuanya telah berbasis teknologi dan terintegrasi. Strategi yang pertama terkait dengan data informasi akademik mahasiswa yang setiap semester dilaporkan oleh perguruan tinggi melalui forlap. Bagian TU perlu mengetahui data transaksi apa saja yang akan diinformasikan melalui aplikasi tersebut dan akan menjadi informasi publik yang diterbitkan oleh Dikti.

Unisnu Jepara dalam hal ini Bagian akademik melaporkan data akademik mahasiswa sbanyak 2 kali dalam setiap tahunnya. Data yang dilaporkan tersebut meliputi informasi mahasiswa, kegiatan pembelajaran, hasil evaluasi pembelajaran, status mahasiswa dan lainnya. Selain data akademik mahasiswa tersebut Bagian akademik Unisnu Jepara juga harus melaporkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen terutama terkait data mata kuliah yang diajar oleh dosen, jumlah kelas, data kehadiran dosen saat mengajar dan lainnya. Informasi aktivas dosen terkait tiga hal yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitian, dan yang dilaporkan oleh bagian akademik unisnu jepara adalah aktivitas pendidikan. Data yang diinformasikan oleh bagian akademik unisnu jepara akan terintegrasi dengan aplikasi ristek dikti yang lain seperti simlitabmas, sister, sijago dan lainnya. 

 Pemahaman terkait informasi akademik dosen dan mahasiswa sangat penting untuk bagian tata usaha dimasing-masing fakultas, karena sumber informasi tersebut menjadi pijakan oleh bagian akademik. Bagian akademik unisnu jepara memperoleh data tersebut dari sistem informasi akademik (SIAKAD) Unisnu. Oleh karena itu seluruh bagian tata usaha fakultas harus semakin jeli dalam mengisi informasi akademik untuk dosen dan mahasiswa.


Admin Unisnu

Komentar