Integrasi Data Dosen dan Pengusulan JAFA

Integrasi Data Dosen dan Pengusulan JAFA

Jepara 25/1, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara melaksanakan kegiatan deseminasi penggunaan sister dan si jago kepada seluruh dosen di lingkungan Unisnu Jepara. Kegiatan yang dilaksanakan kerjasama antara Pusat Data dan Pengembangan IT  dengan Bagian SDM Unisnu Jepara untuk mengingatkan kembali civitas akademika Unisnu Jepara dalam administrasi akademik dosen melalui aplikasi SISTER dan SIJAGO.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman para dosen tentang dalam proses pengajuan jabatan fungsional, maka Univeristas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara perlu mengadakan kegiatan Deseminasi Validasi Data Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) dan Sosialisasi Sistem Jabatan Fungsional Dosen Go Online (SIJAGO), Jumat (25/1/2019). Kegiatan dilaksanakan bertempat di Lantai 3 FEB Unisnu Jepara, kegiatan ini diikuti oleh Semua Dosen Tetap Unisnu Jepara. Hadir sebagai pemateri Harminto Mulyo, M.Kom selaku Kepala Pusat Data dan Pengembangan IT Unisnu Jepara dan R. Hadapiningradja Kusumodestoni, M.Kom dosen yang telah sukses dalam adminitrasi SIJAGO.

Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas Tri Dharma, seringkali data-data formal terkait aktivitas tersebut masih tercecer dan sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengompilasikan seluruh aktivitas Tri Dharma yang pernah dilakukannya. Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen.

Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER. Data yang diisikan oleh dosen ke dalam SISTER dapat divalidasi oleh kepegawaian PT, pimpinan PT, pimpinan Kopertis, dan Kemenristekdikti. Setelah divalidasi, data-data di dalam SISTER memutakhirkan database PD-Dikti. SISTER direncanakan sebagai one-stop-service yang melayani seluruh rangkaian portofolio, pemutakhiran data dosen, dan proses-proses terkait karir dosen. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas Tri Dharma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah,lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program percepatan kenaikan jabatan fungsional dosen yang menjadi program prioritas PSDM dalam penataan jenjang karir dosen. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi dosen untuk selalu meningkatkan karir melalui kenaikan jabatan fungsional” Ujar Kabag Pengembengan Sumber Daya Manusia (PSDM) Unisnu Jepara Siti Istiqomah., M.Si. Materi sosialisasi berupa infomasi mengenai jabatan fungsional dosen, persyaratan yang diperlukan serta simulasi perhitungan angka kredit. “Selain penyampaian materi, dilakukan juga diskusi yang mendapat tanggapan cukup baik dari para dosen yang menyampaikan permasalahan yang dihadapi mengenai jabatan fungsional”. Pungkasnya.


Admin Unisnu

Komentar