Efektifitas Portal Akademik Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Akademik

Efektifitas Portal Akademik Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Akademik

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara dalam pelaksanaannya memiliki salah satu tujuan kegiatan pembelajaran yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, pengabdian). Sehingga untuk mengelola informasi akademik universitas yang harus di sampaikan dengan lebih efektif dan efisien kepada dosen dan mahasiswa, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggunakan media online yaitu portal unisnu. 

Portal unisnu merupakan situs web yang menyediakan informasi seputar akademik universitas yang dapat diakses melalui internet. Tujuan dari portal akademik adalah untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa sebagai fasilitas yang dapat digunakan kapan saja dan di manapun. 

Dengan adanya portal unisnu dapat mempercepat dan memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan perkuliahan yaitu mendapatkan informasi dari pihak kampus serta dosen kepada mahasiswa, informasi beasiswa, pengisian KRS serta melakukan registrasi secara online. 

Portal Akademik Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara merupakan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada diberbagai unit akademik (program studi/fakultas) sekaligus sebagai sarana komunikasi antar civitas akademika kampus. Portal akademik Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara baru memulai menggunakaan KRS online semenjak awal semester ganjil tahun 2013. 

Sistem ini dibangun dari kondisi eksistensi informasi akademik di kampus yang sangat beragam dan bervariasi bentuknya, sehingga membutuhkan sebuah “portal” yang akan mengintegrasikan informasi-informasi tersebut sehingga mempermudah akses publik. Dikarenakan Unisnu hanya memiliki satu portal akademik yang dapat diakses oleh banyak jurusan di fakultas masing-masing, membuat mahasiswa kesulitan membuka situs portal.unisnu.ac.id pada saat pengisian KRS bersama. Dimana server yang tersedia mengalami gangguan jaringan berakibat menghambat aktivitas mahasiswa.


Admin Unisnu

Komentar