Aplikasi Bot Telegram Untuk Media Informasi Unisnu Jepara

Aplikasi Bot Telegram Untuk Media Informasi Unisnu Jepara

JEPARA - Bagian Pusat Data dan Pengembangan IT (PDPIT) Unisnu Jepara mulai mengembangkan sebuah layanan informasi dengan menggunakan aplikasi telegram yaitu Bot Telegram. Terkadang untuk memperoleh informasi mengenai perkuliahan, mahasiswa agak kesusahan. Sering juga saat datang ke tata usaha, mahasiswa belum mendapat informasi-informasi mengenai perkuliahan yang dibutuhkan. Hal ini menyebabkan mahasiswa jadi jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali untuk ke tata usaha dan cenderung hanya menunggu informasi dariSMS Gateway atau dari teman-temannya yang terkadang bisa menyebabkan miss komunikasi.

Melihat permasalahan tersebut bagian PDPIT Unisnu Jepara mencoba memanfaatkan layanan aplikasi telegram untuk mengintegrasikan aplikasi yang ada di Unisnu Jepara. Pemanfaatan aplikasi telegram ini dipilih dengan melihat beberapa kondisi diantaranya hampir 90% pengguna layanan informasi di Unisnu Jepara memiliki SmartPhone. Dengan pengembangan ini diharapkan nanti dapat merubah prorsi penggunaan SMS menjadi basis informasi menggunakan basis data. PDPIT Unisnu Jepara melihat kegunaan bot yang dapat membantu pekerjaan dan aktivitas harian manusia, menemukan informasi serta mengumpulkan informasi, Telegram telah membuat sebuah bot yang diberi nama Bot Telegram. 

Dengan Bot Telegram ini bisa diintegrasikan dengan aplikasi informasi layanan di Unisnu Jepara sehingga membantu tata usaha/dosen dalam menyampaikan informasi mengenai perkuliahan kepada mahasiswa secara tepat dan cepat tanpa terkendala dengan biaya layanan SMS. Selain dapat memberikan informasi, dalam Bot Telegram yang diintegrasikan dengan aplikasi di Unisnu Jepara ini dapat mengirimkan sebuah file dan kemudian menndownload file tersebut. Hal ini juga bisa membantu dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan. Dosen dapat mengupload¬¨ materi perkuliah ke dalam Bot Telegram kemudian mahasiswa dapat mendownloadnya dari Bot Telegram tersebut. 

Aplikasi bot telegram ini sangat membantu tata usaha dan dosen untuk menyampaikan informasi kepada mahasiswa. Petugas tata usaha sangat terbantu dengan adanya aplikasi bot Telegram ini apalagi cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Untuk itu PDPIT Unisnu Jepara menharapkan semua civitas akademika Unisnu Jepara agar dismart phone nya diinstal aplikasi telegram dan nomor HP yang digunakan untuk aktivasi adalah nomor yang telah didaftarkan/ diisikan diprofilnya masing masing. Setelah aktivasi telegram di smart phone dilanjut dengan aktivasi pada aplikasi unisnu yang digunakan yaitu dengan cara mengisi nomor handphone dan memilih layanan yang digunakan dan simpan.


Admin Unisnu

Komentar